Mari Masak!!!!

Setiap dengar kata memasak, pasti bagi wanita itu adalah merupakan tugas mereka, yep, itu benar, apabila si wanita itu udah menikah ternyata itu adalah kewajiban mutlak selain "melayani kebutuhan suami istri".
Memasak bagi yang baru aja nikah or baru mulai terjun ke dapur, pasti serasa "gue mau masak apa ya?, gue punya apa aja ya?, enak gak ya?, berapa lama masaknya?, laki gue suka gak ya?, waduh kayanya resepnya susah nih......

Jangan khawatir para wanita yang baru mau belajar masak, emang sih pertama kaya gitu. Itu pengalaman ku, hampir ada kali berbulan2 tekhnik masak ku masih standard.
walaupun sekarang juga masih standard tapi ku akui aku sudah mulai ada peningkatan, dalam segi efektifitas waktu memasak, pengenalan bumbu dasar & kreatifitas mencoba resep.
Jadi jangan takut untuk mengeksplore di dapur, mencoba resep yang mudah dan telihat enak.
Ada beberapa resep yang ada di blog ku ini aku dapat setelah kita berdua makan di resto, Dan ada beberapa resep yang aku dapat dari internet, dan juga resep dari Ibu-ku tentunya.

oh ya, aku ini dari dulu pengumpul resep masakan, dan sampai sekarang. aku dapat dari internet or majalah. Makanya aku berniat untuk bikin blog "galerie-dapurku" karena aku ingin kumpulin resep-resep masakan yang pernah aku coba dan menjadi makanan sehari-hari keluarga-ku.

oke selamat melihat dan mencoba. by: "Rie"

Search This Blog

KUE NASTAR / COOKIE FILLING PINEAPPLE

Bahan:
250 gr tepung terigu rendah protein/soft wheat/cap kunci
30 gr tepung maizena
225 gr mentega/margarin
20 gr susu bubuk
Vanili bubuk Secukupnya
60 gr gula halus (bisa dikurangi 40 gr. Apabila tidak suka manis)
2 butir kuning telur
1/4 sdt (tsp) garam halus
Cengkih untuk hiasan (bisa juga aneka buah kering atau parutan keju)

Selai Nanas:
400 gr nanas matang, parut
200 g gula pasir
3 buah cengkih
5 cm kayu manis/ 1/4 sdt bubuk kayu manis
1/4 sdt garam halus
**UNTUK SELAI, BISA PAKAI SELAI NANAS /STRAWBERY YANG LANGSUNG JADI.

Olesan, aduk rata:
3 butir kuning telur (1 butir juga cukup)
2 sdm susu tawar cair/ 1 sdm susu bubuk, larutkan dengan 2 sdm air (atau tanpa susu juga tidak apa-apa)

Cara Membuat:
1. Ayak tepung terigu, lalu sangrai Tepung Terigu sebentar. Setelah harum dan panas, angkat. Lalu diamkan sampai dingin.
2. Ayak kembali Tepung Terigu yang sudah di sangrai dan dingin lalu campur dengan tepung Maizena dan susu bubuk, aduk rata.
3. Kocok kuning telur, mentega/margarine, gula halus, dan garam dengan mixer (kecepatan rendah) hingga terbentuk adonan yang berbutir-butir, mengembang.
4. Adonan No. 3 di campurkan ke dalam Campuran Tepung No.2, aduk hingga rata dan adonan kalis, adonan harus tidak lengket dan mudah di bentuk tanpa lengket di tangan. (Padatkan adonan dengan tangan atau sendok kayu sehingga terbentuk adonan yang bisa dipulung/dibentuk)
5. Ambil sejumput adonan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan. Isi tengahnya dengan 1/2 sendok teh selai nanas. Bulatkan kembali.
6. Atur kue yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Olesi permukaannya dengan bahan olesan. Tancapkan hiasan di atasnya.
7. Panggang kue dalam oven bertemperatur 150 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Simpan dalam stoples kedap udara.

Selai Nanas:
Campur parutan nanas, gula pasir, kayu manis, cengkih dan garam, aduk rata. Panaskan sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan selai yang kental. Angkat, dinginkan.
Untuk 550 g

Tips:
Jangan mengaduk adonan dengan tangan terlalu lama karena panas tangan akan mencairkan lemak dalam adonan. Akibatnya kue kering akan keras/tidak rapuh. Aduk seperlunya, asal adonan sudah bisa dibentuk. Untuk variasi rasa, selai nanas bisa diganti selai sesuai selera.

1 comment:

  1. Nah saya baru ketemu ini nih resep nastar yg terigunya di sangrai dulu, boleh dijelasin ngga kenapanya?.. tips ngaduk adonannya bermanfaat banget tuh! Makasih yaaa sudah berbagi disini.

    Mau lebaran di perantauan gini tiba2 kangen nastar dan menu2 khas idul fitri di tanah air.

    ReplyDelete