Loading...

Mari Masak!!!!

Setiap dengar kata memasak, pasti bagi wanita itu adalah merupakan tugas mereka, yep, itu benar, apabila si wanita itu udah menikah ternyata itu adalah kewajiban mutlak selain "melayani kebutuhan suami istri".
Memasak bagi yang baru aja nikah or baru mulai terjun ke dapur, pasti serasa "gue mau masak apa ya?, gue punya apa aja ya?, enak gak ya?, berapa lama masaknya?, laki gue suka gak ya?, waduh kayanya resepnya susah nih......

Jangan khawatir para wanita yang baru mau belajar masak, emang sih pertama kaya gitu. Itu pengalaman ku, hampir ada kali berbulan2 tekhnik masak ku masih standard.
walaupun sekarang juga masih standard tapi ku akui aku sudah mulai ada peningkatan, dalam segi efektifitas waktu memasak, pengenalan bumbu dasar & kreatifitas mencoba resep.
Jadi jangan takut untuk mengeksplore di dapur, mencoba resep yang mudah dan telihat enak.
Ada beberapa resep yang ada di blog ku ini aku dapat setelah kita berdua makan di resto, Dan ada beberapa resep yang aku dapat dari internet, dan juga resep dari Ibu-ku tentunya.

oh ya, aku ini dari dulu pengumpul resep masakan, dan sampai sekarang. aku dapat dari internet or majalah. Makanya aku berniat untuk bikin blog "galerie-dapurku" karena aku ingin kumpulin resep-resep masakan yang pernah aku coba dan menjadi makanan sehari-hari keluarga-ku.

oke selamat melihat dan mencoba. by: "Rie"

Search This Blog

Loading...

SAYUR GODOK PEPAYA ala BETAWI JAKARTE

Resep dari Ibu-ku

Bahan-bahannya:
Pepaya Muda di parut/ lalu dikukus sebentar dan angkat, sisihkan.

Bumbu yang dihaluskan:
Cabe
Bawang Putih
Bawang Merah
Terasi mentah

Gula Merah
Daun Salam
Santan Kelapa Kental (Pati Kelapa)
Santan Kelapa Encer (setelah perasan pertama)

Cara Pembuatannya:
1. bumbu yang sudah dihalus di tumis ke dalam minyak panas, aduk-aduk hingga harum.
2. Lalu bumbu tumis di masukkan air santan encer. Masak hingga mendidih, dan diaduk-aduk sekali-sekali. Lalu masukkan Daun Salam, dan Gula Merah.
3. Setelah mendidih, masukkan pepaya yang sudah dikukus kedalam air santan. Aduk-aduk.
4. Setelah 8 menit. Atau Setelah Sayur matang, Lalu masukkan Santan Kelapa Kental “Pati Kelapa”. Aduk sebentar lalu angkat.
5. Sayur Godok Paya disajikan dengan Lontong/Ketupat Lebaran. Sangat cocok di campur dengan Semur Kecap Betawi. Kombinasi rasanya gurih pedas manis.


**Panci berisi Sayur Godok Pepaya jangan ditutup setelah matang, biarkan uap sayur keluar untuk menghindari basi. Apabila sudah dingin panci boleh ditutup tapi tidak rapat.
**Apabila ingin memanaskan Sayur Godok jangan sampai sayur mendidih, panaskan Sayur hanya sebentar (asal panas), lalu jangan tutup panci setelah dipanaskan. Proses sama dengan penjelasan diatas

3 comments:

  1. aku memang lagi cari resep ini.... aku minta ijin contek resepnya yach.... dan semoga aku berhasil membuatnya....

    ReplyDelete
  2. Waah akhirnya saya dapet juga resep dan teknik buat yg miriiip banget sm cara ibu saya (asli betawi). Termasuk tips2 diatas persis sama!

    Banyak resep di internet murni copy-paste yg ngga jelas apa sudah dicoba sendiri atau belum. Makasih ya sudah posting yg satu ini, rencana mau buat lebaran ini, dulu2 tinggal terima matang krn yg masak ibu dan kakak2, jd musti nyontek disini dulu resep komplitnya apa aja :D

    ReplyDelete
  3. tapi susah juga neh, bumbu bumbunya gak ada ukurannya berapanya.

    ReplyDelete